Roti Bakar Eddy – Kelezatan Roti Bakar Legendaris yang Selalu Laris Manis

Sumber foto : Instagram/@rotibakareddyID

Siapa yang disini gemar roti bakar? Ini dia nih, roti bakar yang sudah melegenda di Jakarta, Roti Bakar Eddy! Roti bakar ini sudah menjadi favorit warga Jakarta sejak tahun 1970-an, lho. Wah, kalau soal rasa, roti bakar ini dijamin membuatmu ketagihan. 

Roti bakar legendaris. Sumber Roti Bakar Eddy

Roti bakar tersedia dengan toping yang bervariasi, seperti coklat, stroberi, keju, kornet, dan kacang. Istimewanya, roti tersebut adalah hasil olahan sendiri. Tekstur rotinya diijamin renyah, bebas pengawet, serta terjaga kualitasnya. Selain roti bakar, kamu juga bisa mencicipi sajian lain di Roti Bakar Eddy seperti bubur, indomie, pisang bakar, tape bakar dan masih banyak yang lain.

Rotinya homemade dan proses membakarnya masih alami. Sumber Foodies.ID

Cocok nih, untuk dijadikan cemilan saat nongkrong bersama teman-teman. Gerai Roti Bakar Eddy sudah tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek tapi kamu bisa kunjungi gerai pertama Roti Bakar Eddy yang legend banget di Jalan Raden Patah, Blok M, tepatnya di depan sekolah Al Azhar. Penasaran dengan roti bakar legendaris, lezat dan harganya nyaman banget di kantong ini? Simak yuk artikel ini!

Penasaran dengan roti bakar yang selalu laris manis ini? Sumber eat with koko

Bagaimana Sih Suasana di Roti Bakar Eddy?

Kini, Roti Bakar Eddy sudah memiliki 10 gerai yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Asal mulanya, kedai roti bakar ini buka tepat di depan sekolah Al Azhar di tahun 1971. Sejak dahulu, Roti Bakar Eddy digemari banyak orang karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat. Dua hal itulah yang terus dipertahankan hingga hari ini.

Ciri khas yang selalu dipertahankan dari masa ke masa. Sumber Waroeng Doenia

Eksistensi Roti Bakar Eddy memang tidak pernah luput dimakan zaman, meskipun bersaing dengan kedai-kedai roti dan warkop kekinian yang tengah marak. Sepintas, kedai roti yang letaknya ada di depan sekolah Al Azhar ini memang terlihat serupa dengan kedai-kedai lainnya. Kekhasan ini yang selalu dijaga dari zaman ke zaman, meski beberapa gerai Roti Bakar Eddy ini sudah banyak yang berlokasi di dalam ruko.

Mau rasa apa untuk roti bakarmu? Sumber The Jakarta Forum

Jadi, kalau kamu ingin merasakan vibes nongkrong di Roti Bakar Eddy yang legendaris ini, kunjungi saja gerai pertamanya di Jalan Raden Patah, Blok M, Jakarta Selatan. Selain menjual roti bakar, terdapat beberapa gerobak lainnya yang menjual aneka makanan, tetapi manajemennya masih di bawah Roti Bakar Eddy. Menu yang ditawarkan antara lain nasi uduk, nasi goreng, bubur ayam, sate ayam, bakso, siomay, batagor, pempek Palembang, dan Indomie. Lengkap sekali ya!

Cocok deh untuk nongkrong malam bareng teman-teman. Sumber kataboga.wordpress.com

Menu Andalan di Roti Bakar Eddy

Keunikan roti bakar di Roti Bakar Eddy ada pada tekstur roti bakarnya. Teksturnya memiliki permukaan garing dan empuk. Rotinya sendiri dibakar menggunakan api arang. Roti tawar alias white bread yang digunakan disini buatan sendiri, dengan ukuran yang panjang dan ramping. Roti dibuat menggunakan tepung roti protein, tepung terigu, gula pasir, garam, susu bubuk, telur ayam, air, mentega, dan susu evaporated tanpa pengawet. 

Rotinya homemade lho. Sumber Keepo.me

Dua helai roti akan dioles isian sesuai keinginan pembeli, lalu dibakar diatas arang hingga kering dan berwarna kecoklatan. Cara memanggang dengan arang ini masih dipertahankan hingga sekarang. Meskipun permukaannya dipanggang hingga kering namun bagian dalamnya terasa empuk dan lembut. Mulai dari roti bakar standar, medium hingga spesial, dan kekinian, semua ada di Roti Bakar Eddy!

Roti bakar junet (keju kornet). Sumber Jakarta Globe

Rasa roti bakar andalannya adalah : roti bakar kaco (kacang cokelat), kebo (keju, cokelat pisang), burju (tabur keju), hingga SE (special engine) alias roti bakar isi kornet telur. Roti bakar SE (special engine) atau Roti Bakar Telur Kornet ini dalamnya diisi telur goreng yang dicampur kornet. Ini lezat banget! Dari tekstur rotinya aja tuh udah garing dan guriihh bangeeet, kalo ditambah telor kornetnya sih waaah, juara! 

Roti bakar keju atau coklat keju? Sama lezatnya! Sumber Medium

Dulu, roti bakar isinya cokelat atau keju semata. Roti Bakar Eddy turut mempelopori munculnya roti bakar dengan berbagai rasa yang kekinian. Misalnya saja dengan menyematkan isian telur, nanas, selai taro, choco crunch, hingga green tea. Memang, Roti Bakar Eddy ini pioneer kalo urusan roti bakar. 

Pakai topping es krim juga enak lho. Sumber KulinerBagus.com

Next, menu andalan lainnya ada roti bakar V.8 (Keju Coklat Kacang Susu). Merujuk pada nama mesin mobil Dodge Viper, mobil yang berasal dari Amerika. Ini merupakan roti bakar dengan isi cokelat, keju, dan kacang. Kalo soal roti bakar manis, roti bakar V.8 memang juaranya nih! Lihat saja, isiannya lengkap banget kan?

Semua roti bakarnya juara banget! Sumber Roti Bakar Eddy

Lanjut, ada roti bakar 2TG nih, yang namanya diambil dari nama mesin mobil Jeep Off Road. Roti bakar 2TG adalah roti bakar berisi kornet, telur dan keju. Menu favorit pengunjung lainnya adalah roti bakar Burju (tabur keju). Taburan kejunya begitu melimpah ruah sampai menutupi permukaan roti. Bagian dalam roti yang ditangkup, berisi taburan meses coklat yang meleleh. Gurihnya keju dan manisnya coklat langsung meleleh di mulut bersama kunyahan roti yang empuk. Rasanya satu porsi burju saja tidak cukup.

Roti bakar gurihnya juga jangan sampai kelewatan nih. Sumber PergiKuliner.com

Menu yang tidak kalah enak lainnya adalah roti bakar kebo (keju, coklat, pisang) dan roti bakar junet (keju dan kornet). Nah, jika bosan dengan rasa roti bakar yang manis, kamu bisa mencicipi roti bakar junet atau 2TG. Andalannya roti bakar gurih nih! Selain gurih, ada sentuhan pedasnya juga karena disajikan bersama saus sambal. Perfect!

Tidak hanya ingin menyantap roti bakar saja? Ada aneka menu lain kok! Sumber Gaya Tempo.co

Terdapat beberapa gerobak lainnya yang menjual aneka makanan, tetapi manajemennya masih di bawah Roti Bakar Eddy. Menu yang ditawarkan antara lain nasi uduk, nasi goreng, bubur ayam, sate ayam, bakso, siomay, batagor, pempek Palembang, dan aneka Indomie. Ada Indomie telor, Indomie keju, Indomie kornet, Indomie kornet keju dan sebagainya. Favoritnya pengunjung adalah Indomie kornet keju. Semangkuk indome ditambahkan beberapa sendok kornet, kemudian ditaburi dengan keju yang melimpah ruah siap menemani malam-mu!

Indomie telor, keju, kornet. Sumber dictio.id

Lokasi dan Cara Akses ke Roti Bakar Eddy

Lokasi Roti Bakar Eddy ada di Jalan Raden Patah, Blok M, Jakarta Selatan. Kalau kamu ingin mengunjungi Roti Bakar Eddy dengan MRT, kamu bisa turun di stasiun Asean. Kamu bisa melanjutkan dengan ojek online dan menempuh perjalanan sekitar 5 sampai 7 menit. 

Nah, kalau kamu menggunakan bus Transjakarta, kamu dapat turun di Halte Busway Masjid Agung Al Azhar dan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki saja selama 3 sampai 4 menit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *