Claypot Popo – Tempat Makan Instagenic dengan Cita Rasa Otentik di Menteng

Sumber foto : Instagram/@tehbotolsosroid

Terdapat salah satu restoran chinese food yang menyajikan sajian bercita rasa lezat di Menteng namanya Claypot Popo. Tempat makan ini menyajikan claypot yang merupakan sajian khas Hong Kong. Claypot sendiri merupakan sebuah wadah menyerupai mangkuk, terbuat dari tanah liat dan khusus digunakan memasak makanan. 

Sumber foto : Instagram/@claypotpopo

Nah, claypot diberi isian nasi di bagian dasar, kemudian ditambahkan daging dan sayuran. Cara masaknya adalah dipanaskan hingga semua bahan di dalamnya matang. Rasa nasinya gurih berpadu dengan aneka topping lezat seperti daging sapi. Hidangan semacam ini mudah ditemui di kawasan Hong Kong, terutama di musim dingin. Harga 1 porsi claypot mulai dari Rp. 22.000 saja, lho!

Sumber foto : Instagram/@mikaelsoedira

Hidden gems legendaris Jakarta ini worth it banget untuk dikunjungi. Claypot disajikan dengan berbagai macam topping seperti sapi, ayam, dadar dan lainnya. Makan claypot hangat di tengah cuaca Jakarta yang sedang sering turun hujan begini rasanya tuh pas banget! Enak banget, gurih, wangi, kematangan daging sapi pas, berpadu sempurna dengan nasinya. Oh iya, Claypot Popo ini halal, lho. Selain makanannya lezat, suasana tempat makan benar-benar instagenic dengan nuansa Hong Kong yang kental. Penasaran? Simak yuk artikel berikut!

Sumber foto : Instagram/@zomatoid

Bagaimana Sih Suasana di Claypot Popo?

Tempelan poster-poster China menutupi sebagian dinding. Memberi suasana meriah gaya rumah makan di Hong Kong. Suasana restorannya unik banget. Kamu akan menemukan salah satu spot lampu neon yang artsy banget, ala modern bar. 

Sumber foto : Instagram/@diplomanalog

Claypot Popo hadir dengan menawarkan konsep yang cukup menarik, suasana di dalamnya menawarkan suasana artsy yang bentuknya seperti modern chinese bar, luas dan nyaman. Selain itu banyak lampu neon serta lampion-lampion cantik yang menghiasi interior restoran. 

Sumber foto : Instagram/@mikaelsoedira

Meja dan kursinya ditata apik. Interior restorannya didominasi dengan warna putih, dan seperti yang khas dari restoran chinese food pada umumnya, mejanya adalah meja kayu dan ada salah satu area dining yang langit-langitnya dihiasi lampion. Sistem order disini terbilang rapih meskipun ramai.

Sumber foto : Instagram/@dindasakina

Menu Andalan di Claypot Popo

Resep claypot yang digunakan di Claypot Popo terinspirasi dari resep rumahan. Kenangan yang melekat di benak sang pemilik restoran akan masakan neneknya, menghasilkan sebuah hidangan yang lezat dan autentik. ‘Popo’ adalah bahasa mandarin yang artinya ‘nenek’ dalam bahasa Indonesia. Jadi, nama restoran terinspirasi dari resep claypot yang dipertahankan sang pemilik dari sang nenek.

Sumber foto : Instagram/@claypotpopo

Proses masak claypot tidak terlalu lama dan ketika makanan dihidangkan, aroma bakaran yang cukup kuat akan terasa. Nasi yang ditempatkan di bagian paling dasar sudah diberi bumbu khusus sehingga gurih ketika dimakan. Selain itu ada tambahan kuah kental bernuansa bawang putih yang membikin makan jadi kian berselera. Claypot Dadar Caipoh (Rp. 22.000) merupakan salah satu menu andalan nih. Menyandingkan nasi hangat dengan bumbu gurih meresap dan telur dadar lembut. Kebayang dong kelezatannya?

Sumber foto : Instagram/@claypotpopo

Claypot Popo berusaha untuk mempertahankan masakan yang otentik. Ayamnya saja sudah lembut banget dan ditambah dengan sambal yang disediakan, wuih rasanya benar-benar lezat banget. Selanjutnya, ada menu unik yang harus banget kamu coba namanya Sapi Cah Bawang Putih (Rp. 42.000) yang merupakan potongan daging sapi lembut, berpadu dengan nasi hangat dan bumbu gurih pada nasi yang melekat, menjadikan sajian ini sempurna banget. 

Sumber foto : Instagram/@claypotpopo

Hidden gems instagenic di Menteng ini worth it banget untuk dikunjungi. Claypot disajikan dengan berbagai macam topping seperti sapi, ayam, dadar dan lainnya. Salah satu menu yang direkomendasikan untuk disantap di sini adalah claypot Siram Telur Matang Sapi (Rp. 30.000) yang berisi nasi hangat, disajikan dengan topping telur dadar matang dan daging sapi melimpah ruah. Disajikan hangat-hangat di tengah cuaca Jakarta yang sedang sering turun hujan begini rasanya tuh pas banget! Enak banget, gurih, wangi, kematangan daging sapi pas, berpadu sempurna dengan nasinya. 

Sumber foto : Instagram/@claypotpopo

Lokasi Claypot Popo

Jalan H. Agus Salim No. 23A, Menteng, Jakarta Pusat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *