9 Tips Makan di Restoran Tanpa Khawatir Corona

Sumber foto : We Heart It

Di tengah wabah corona seperti ini, beberapa dari kita masih banyak yang harus beraktivitas di luar untuk bekerja serta berbagai kepentingan lainnya. Tidak perlu khawatir dan bingung perihal mencari restoran, meski sedang marak virus ini, kamu tetap dapat makan di restoran. Dengan catatan, kamu harus memperhatikan 9 tips ini! 

1. Bawa Hand Sanitizer

Sumber foto : Unsplash.com

Nah, tips berikut penting banget untuk kamu yang ingin bersantap di restoran dengan rasa aman tanpa khawatir dengan virus corona. Terkadang sulit menemukan restoran yang dilengkapi dengan fasilitas wastafel untuk cuci tangan. Jadi, penting banget nih untuk kamu membawa hand sanitizer kemana-mana sebagai bentuk proteksi diri dari virus corona. Pilih hand sanitizer yang ukurannya kecil jadi praktis untuk dibawa kemana-mana! 

2. Pastikan Fasilitas Restoran Selalu Bersih

Sumber foto : Unsplash.com

Penularan virus corona sangat sederhana. yaitu memastikan kondisi di sekitar kamu tetap terjaga higienitasnya. Hal tersebut dituturkan oleh WHO. Bagaimana menjaga lingkungan agar selalu bersih? Dimulai dengan membersihkan meja, kursi atau benda-benda yang kontak dengan para pelanggan restoran setiap harinya menggunakan desinfektan, dan meletakkan pembersih tangan di tempat-tempat umum yang sering dipakai.

3. Selalu Bawa Tisu dan Masker

Sumber foto : Unsplash.com

Jika sedang batuk, jangan lupa tutup mulut dengan tisu. Lalu segerakan buang tisu ke tempat sampah. Memang, kamu tidak perlu berlomba-lomba menyetok tisu hingga orang lain yang membutuhkan lainnya tidak kebagian. Jangan sampai menerapkan sifat seperti itu, ya! Tetaplah saling mendukung dan menjaga satu sama lain dalam menghadapi virus corona. Kamu hanya perlu siapkan tisu seperlunya saja dan pastikan selalu membawanya kemana-mana sebagai bentuk antisipasi.

4. Hindari Menyentuh Mulut, Hidung dan Mata Secara Langsung

Sumber foto : We Heart It

Jangan menyentuh mata, mulut dan hidung jika belum mencuci tangan. Mengapa demikian? Ingat, penularan virus corona bisa terjadi ketika tangan menyentuh barang yang terkontaminasi virus, dan kemudian menyentuh mata atau wajah. Inang virus tertinggal pada benda dan tidak menetap dalam waktu lama. Jadi, jangan menyentuh 3 bagian tubuh ini dengan tangan yang kotor karena dikhawatirkan penyebaran virus corona dapat terjadi.

5. Cuci Tangan Secara Rutin

Sumber foto : Unsplash.com

Rajin cuci tangan adalah cara mencegah corona yang harus kamu terapkan. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, selama 20 detik. Pastikan kamu mencuci tangan hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Tahukah kamu bahwa mencuci tangan dapat mencegah corona lebih efektif dibandingkan hand sanitizer. Hal ini dikarenakan hand sanitizer memiliki kandungan anti bakteri, namun corona berupa virus. 

6. Pesan Air Putih

Sumber foto : We Heart It

Seorang ahli penyakit menular di Vanderbilt University, Dokter William Schaffner, menyatakan bahwa orang sakit maupun sehat memang harus menjaga asupan cairan tubuh dan menjaga selaput lendirnya tetap lembab.Dengan banyak minum air putih, maka selaput lendir akan terhidrasi dengan baik. Selaput lendir yang lembab dan tipis harus selalu terhidrasi agar bekerja secara efisien sehingga dapat mengurangi risiko tertular infeksi virus.Kamu dianjurkan untuk minum air putih minimal 2,5 liter per hari ya! Jika kondisi badanmu sedang tidak fit, konsumsi banyak air putih akan membantu tubuh untuk memerangi virus. Apalagi jika kamu mengalami flu, konsumsi air putih harus ditambah.

7. Tingkatkan Kesadaran Akan Corona

Sumber foto : Unsplash.com

Menanggapi virus corona lebih lanjut, apa saja gejala yang perlu diwaspadai? Secara garis besar, gela corona mirip dengan gejala flu seperti hidung berair, demam tinggi, sakit tenggorokan, sakit kepala diikuti dengan infeksi pernapasan berat serta nyeri dada. Kesadaran dapat dimulai dengan mengetahui 3 gejala umum yang harus kamu waspadai dari virus corona ini yaitu demam, batuk dan sesak nafas. Kalau gejala-gejala tersebut sekiranya sudah berlangsung cukup lama, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. 

8. Pilih Makanan Matang

Sumber foto : Unsplash.com

Untuk menghindari penyebaran virus, ada baiknya kamu memilih makanan yang matang. Untuk keadaan seperti sekarang ini, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Menurut info yang dilansir dari situs resmi World Health Organization (WHO) pada Selasa, 3 Maret 2020, terdapat informasi untuk mengolah makanan secara aman. Pastikan kamu membedakan pisau dan alas untuk memotong daging mentah dengan makanan yang sudah dimasak. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir di tengah mengolah makanan mentah dan sudah dimasak. Pastikan konsumsi daging yang matang, ya! 

9. Pastikan Alat Masak dan Makan Bersih

Sumber foto : Unsplash.com

Last but not least, tips satu ini penting banget dilakukan oleh pihak restoran dan kamu sebagai konsumen. Sebagai pihak restoran, pastikan kalau seluruh alat makan seperti piring, garpu, sendok hingga alat masak yang digunakan bersih. Selalu dicuci dan kamu sebagai konsumen pun bisa melakukan double check dengan membersihkan lagi alat makan yang akan kamu gunakan. Atau, kamu dapat membawa sendiri alat makan dari rumah agar tingkat higienisnya terjaga betul. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *