9 Pilihan Makanan Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Cegah Corona

Sumber foto : Connoisseurus Veg

Di tengah virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang menyerang pernapasan, daya tahan tubuh harus selalu kuat agar terhindar dari wabah ini. Virus ini dapat menyerang siapa saja termasuk bayi, anak-anak, dewasa, hingga lansia. Tentu tidak ingin wabah ini menyerang diri dan orang-orang terkasih bukan? Pencegahan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Simak yuk artikel ini!

Bayam

Sumber foto : Unsplash.com

Bayam mengandung vitamin yang dilengkapi dengan antioksidan dan beta karoten yang membantu tubuh dalam melawan infeksi sistem kekebalan tubuh melawan virus jahat. Bayam tepat untuk dikonsumsi guna mencegah virus corona. vitamin yang terkandung dalam sayur bayam, yakni vitamin A, C, B kompleks, E, dan K. kemudian mineral-mineral utama yang baik bagi tubuh, seperti magnesium, asam folat, zat besi, kalsium, sodium, dan potassium. Kamu dapat mengolah sayur bayam menjadi berbagai sajian seperti sup sayur bayam atau ditumis juga lezat.

Ikan

Sumber foto : We Heart It

Salmon, mackerel, sarden dan tuna memiliki banyak khasiat yang sangat baik untuk tubuh, salah satunya menjaga daya tahan tubuh. Selain itu asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 mampu membantu mengurangi gejala sindrom metabolik, melawan radang, dan autoimun. Menurut American Heart Association (AHA), dianjurkan setiap orang mengkonsumsi ikan berlemak kira-kira dua porsi dalam satu minggu, dengan porsi sekali makan kira-kira 80 gram atau seukuran dengan satu dek kartu.

Bawang Putih

Sumber foto : Wikipedia

Bawang putih mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Siapa sangka bahwa bumbu masak satu ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan sekaligus mengendalikan rasa sakit yang ada ketika sakit tenggorokan. Bawang putih tentunya dapat ditemukan dengan sangat mudah, bukan? Cara mengobati sakit tenggorokan dengan bawang putih adalah dengan mengunyahnya. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit kemudian ditelan. Bawang putih akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri pada tenggorokan.

Yogurt dan Buah

Sumber foto : Unsplash.com

Kandungan bakteri baik pada Yakult dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita lho. Bakteri lactobacillus casei shirotastrain dapat membantu melawan bakteri jahat atau virus sebelum menginfeksi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa jika kamu mengonsumsi yoghurt rendah lemak setiap pagi, maka daya tahan tubuh dari virus influenza meningkat hingga 25 persen. Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt dapat mencegah virus yang menyerang ketika tubuh sakit. Sertakan buah strawberry yang kaya akan vitamin C dan tepat banget untuk menjaga stamina tubuh.

Buah Plum

Sumber foto : Unsplash.com

Buah plum memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun dari berbagai ancaman berbagai penyakit, virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Zat di dalam buah plum mengandung molekul seperti lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza, atau penyakit flu. Cocok untuk musim hujan seperti ini agar terhindar dari drop yang tidak diinginkan.

Konsumsi Jahe

Sumber foto : Unsplash.com

Salah satu bahan herbal seperti jahe cocok untuk menjaga daya tahan tubuh lho! Bahkan, banyak sekali khasiat jahe untuk tubuh. Menurut penelitian tahun 2011, mengoleskan cairan atau gel jahe di bawah lidah dapat mengurangi sakit kepala. Aroma dari jahe dapat membuat kamu lebih tenang dan rileks. Nah, kamu bisa menyeduh jahe yang sudah digeprek dengan air panas atau mencampurkannya dengan teh hangat. Niscaya, setelah kamu minum larutan tersebut, tubuh akan semakin terasa segar. Kamu juga bisa menghirup uap dari larutan tersebut untuk memberi efek tenang. 

Pilih Makanan Berkuah dan Hangat

Sumber foto : Eater Nashville

Untuk mencegah tenggorokan gatal, kamu dapat mengkonsumsi sup ayam untuk melegakan tenggorokan. Sup ayam yang disajikan hangat dapat meredakan sakit tenggorokan yang mengganggu. Apalagi kalau sedang sakit tenggorokan, biasanya sulit menelan makanan yang keras dan sulit dikunyah. Jadi mengkonsumsi sup, pas banget untuk obat sakit tenggorokan. Oh iya, kaldu ayam dalam sup memiliki banyak vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki kondisi tubuh dan tenggorokan. Selain itu, di dalam sup ayam juga ada campuran bawang putih yang kaya akan antibiotik untuk menghilangkan bakteri dan virus yang

Kunyit

Sumber foto : Unsplash.com

Kunyit memiliki kandungan antioksidan, anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur, lengkap deh pokoknya untuk memerangi bakteri dan virus jahat dalam tubuh penyebab demam. Kandungan antibiotiknya pun bagus untuk perangi bakteri. Pertama-tama, potong kunyit menjadi kecil-kecil (kurang lebih dalam ukuran ½ sendok teh). Lalu, siapkan 1 sendok teh lada hitam dan susu. Rebus bersama bahan-bahan tersebut. Dianjurkan minum larutan kunyit ini 2 kali sehari untuk turunkan demam.

Kurangi Gorengan

Sumber foto : Unsplash.com

Makanan yang digoreng berakibat kurang baik untuk tenggorokan. Hal ini dikarenakan kandungan minyak dalam makanan gorengan mengakibatkan tenggorokan infeksi terlebih jika minyaknya digunakan berkali-kali. Penggunaan minyak goreng yang berulang mengakibatkan terbentuknya akrolein akibat suhu pemanasan minyak goreng yang sudah melebihi titik asap. Akibatnya, infeksi tenggorokan dan terjadi lalu dapat mengakibatkan tubuh demam. Nah, tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Akrolein adalah senyawa yang bertanggung jawab untuk memicu peradangan di tenggorokan yang menimbulkan rasa gatal menyiksa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *