7 Tips Tingkatkan Kosentrasi dan Produktivitas selama Work From Home

Sumber foto : Unsplash.com

Kamu sering mengalami kesulitan untuk belajar serta mengerjakan pekerjaan yang sulit, maka itu tandanya bahwa kamu harus meningkatkan fokus dan konsentrasi. Fokus dan konsentrasi merupakan hal yang sulit, apalagi kalau sedang bekerja di rumah alias WFH seperti ini ya! Kamu tidak perlu bingung, simak yuk tips berikut ini

Tidur yang Cukup di Malam Hari

Sumber foto : Unsplash.com

Jangan tidur larut malam mentang-mentang lagi WFH ya! Memang, seharian berkutat di rumah kadang kala energi tidak terpakai maksimal. Akibatnya, jam tidur semakin bergeser. Kurang tidur serta kualitas tidur yang buruk dapat dengan mudah mengganggu konsentrasi, serta fungsi kognitif seperti memori. Kurang tidur akan menyebabkan kamu menjadi terlalu lelah sehingga dapat memperlambat gerak refleks dan mempengaruhi kemampuan sehari-hari kamu. Para ahli merekomendasikan orang dewasa untuk tidur selama 7 hingga 8 jam setiap malam. Jadi, untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, kamu butuh tidur yang nyenyak serta cukup setiap harinya.

Lakukan Online Meeting

Sumber foto : Unsplash.com

Work from home tidak menghalangi untuk tetap bekerja secara produktif. Semua target dan deadline yang menanti, harus segera kamu selesaikan dengan baik tentunya. Kalau biasanya di kantor kerap kali ada meeting, kamu bisa memanfaatkan online meeting nih untuk berkumpul dan membahas project bersama para kolega. Sebelum melakukan online video meeting, pastikan kamu memilih aplikasi yang tepat. Ada berbagai aplikasi yang memfasilitasi pertemuan online dalam jumlah banyak seperti Zoom dan Google Hangout. Sebelum memulai meeting, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan nih agar berjalan efektif.

Pilih Lokasi Tempat Bekerja yang Kondusif di Rumah

Sumber foto : Unsplash.com

Masa karantina corona menyebabkan seluruh anggota keluarga berada di rumah, tak terkecuali anak-anak. Memang, keluarga adalah hal yang terpenting namun bukan berarti para rekan kerja ingin melihat anggota keluarga yang lalu lalang selama meeting berjalan atau hewan peliharaan kamu duduk di keyboard bahkan suara bising dari anak-anak yang sedang bermain. Agar work from home berjalan lancar dan efektif, pilihlah tempat yang kondusif dalam rumah seperti ruang belajar atau pastikan kamu seorang diri di dalam kamar paling tidak sampai selesai. Hal ini dimaksudkan agar para rekan kerja yang lain tidak terganggu dengan kebisingan yang diciptakan dari anggota keluarga.

Asah Otak dengan Bermain Games

Sumber foto : Unsplash.com

Latihan otak yang dimaksud adalah dengan memainkan permainan tertentu yang dapat melatih konsentrasi. Kamu bisa main teka-teki silang, catur, sudoku, teka-teki jigsaw, dsb. Penelitian tahun 2015 menyatakan bahwa orang dewasa disarankan untuk menghabiskan waktu selama 15 menit sehari, seminggu 5 kali dengan memainkan permainan tersebut. Hasilnya, permainan tersebut akan berdampak besar pada kualitas konsentrasi, membantu mengembangkan memori, melatih ketrampilan serta memecahkan masalah. Pelatihan otak juga dapat dilakukan oleh anak-anak menggunakan buku teka-teki kata atau teka-teki gambar. Bahkan mewarnai dapat membantu meningkatkan konsentrasi pada anak-anak atau orang dewasa. 

Temani Harimu Kopi, Teh dan Coklat

Sumber foto : Unsplash.com

Jika kamu merasa konsentrasimu mulai menurun, kamu bisa mengonsumsi secangkir kopi atau teh hijau. Tetapi jika kamu tidak bisa mengonsumsi kafein, kamu juga bisa mengkonsumsi dark chocolate karena memiliki manfaat serupa dengan kafein. Sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bukti yang menunjukkan fitokimia yang secara alami ditemukan dalam matcha, sejenis teh hijau, tidak hanya meningkatkan fungsi kognitif tetapi juga dapat membantu meningkatkan relaksasi. Jadi matcha mungkin menjadi pilihan yang baik jika kopi cenderung membuat kamu merasa berdebar atau gelisah. 

Konsumsi Makanan Bergizi

Sumber foto : Unsplash.com

Makanan yang kamu makan dapat mempengaruhi fungsi kognitif seperti konsentrasi dan daya ingat. Sebaiknya hindari makanan olahan, makanan yang terlalu banyak gula, dan makanan yang sangat berminyak atau berlemak. Untuk meningkatkan konsentrasi, cobalah makan lebih banyak makanan seperti, ikan salmon, telur, bluberi, dan bayam. Pastikan kamu selalu terhidrasi, karena dehidrasi ringan dapat membuat lebih sulit untuk fokus atau mengingat informasi. Selain itu, menu sarapan dapat membantu meningkatkan fokus kamu di pagi hari.

Putar Lagu Favorit

Sumber foto : Unsplash.com

Kamu bisa mendengarkan musik sambil belajar atau bekerja untuk membantu meningkatkan konsentrasi. Para ahli sepakat bahwa musik klasik atau suara alam adalah suara yang terbaik yang dapat meningkatkan fokus, konsentrasi, dan meningkatkan fungsi otak lainnya. Sebaiknya hindari musik yang kamu sukai dan benci, karena dapat mempengaruhi konsentrasi kamu sehingga fokus kamu akan buyar. Jagalah suara musik tetap lembut dan jangan terlalu keras agar tidak mengganggu kamu saat sedang bekerja atau belajar. Jika kamu tidak menyukai musik klasik, kamu bisa menyalakan suara alam yang menenangkan untuk membantu melatih konsentrasi. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *