7 Tempat Mistis di Jakarta

Di balik keramaian ibu kota Jakarta, tersimpan cerita seram yang bikin bulu kuduk kita berdiri. Bicara tempat mistis di Jakarta apalagi pada malam Jumat seperti ini, semakin terasa vibes horrornya, ya. Cerita dibalik tempat mistis di Jakarta berasal dari kejadian mengenaskan di masa lampau atau kesaksian langsung dari masyarakat dan diceritakan dari mulut ke mulut. Ini dia, 7 tempat mistis di Jakarta yang tempat.com rangkum untukmu. Jangan baca ini sendirian, yaa…

Lintasan Rel Kereta Bintaro

Tempat mistis di Bintaro. Sumber Mysterious Thing • Conspiracy • Controversy • UFO & Alien ...

Pada pagi hari di tanggal 19 Oktober 1987, dua buah kereta api yakni KA 255 jurusan Rangkasbitung – Jakarta dan KA 220 jurusan Tanahabang – Merak bertabrakan di dekat stasiun Sudimara, Bintaro. Kejadian ini memakan korban tewas dan luka-luka hingga ratusan jiwa. Bahkan, peristiwa ini dikatakan sebagai kecelakaan kereta api terdahsyat di Indonesia.

Setelah kecelakaan kereta terjadi, banyak masyarakat yang menyaksikan kejadian-kejadian diluar nalar. Beberapa saksi mata mengatakan mereka melihat sosok tak kasat mata yang sedang mencari potongan tubuh yang hilang pasca kecelakaan, atau ada suara jeritan pilu. Sosok-sosok menyeramkan kerap terlihat di sekitar rel tempat kejadian naas itu terjadi 32 tahun silam. 

Terowongan Casablanca

Sosok wanita yang menghuni Terowongan Casablanca. Sumber jadiBerita.com

Di masa lalu, Terowongan Casablanca (underpass di Jalan Kuningan) adalah bagian dari pemakaman Menteng Pulo. Area makam dipindahkan untuk membuat underpass dan inilah alasan mengapa terowongan ini dianggap menyeramkan. Mitos yang beredar dari mulut ke mulut ketika hendak melewati Terowongan Casablanca adalah, pengendara mobil atau motor harus membunyikan klakson agar terhindar dari gangguan makhluk halus.

Selain itu, urban legend yang beredar disini adalah sosok wanita yang menyeramkan kerap memberhentikan laju kendaraan. Kesaksian ini berasal dari seorang tukang ojek yang mengatakan bahwa suatu malam, ada sesosok wanita yang minta diantar pulang. Namun anehnya, alih-alih menunjukkan jalan ke pemukiman, wanita itu mengarahkan tukang ojek itu untuk mengantar ke pemakaman. Tukang ojek itu menuturkan bahwa secara tiba-tiba, wanita itu hilang dan terbang ke arah pepohonan. Ia meyakini bahwa sosok itu adalah kuntilanak yang menghuni Terowongan Casablanca. 

Jembatan Ancol

Sosok si manis Jembatan Ancol sering terlihat disini. Hiiii. Sumber Kapanlagi Plus

Familiar dengan sosok si manis Jembatan Ancol? Sosok wanita ini kerap menampakan diri ke para pengunjung pantai Ancol maupun para nelayan. Seorang nelayan memberi kesaksian tentang sosok makhluk astral penghuni Ancol ini. Pada malam hari, perahunya ditumpangi seorang wanita yang ingin menyebrang ke sisi kali Ancol. Setibanya di tempat tujuan, wanita itu lantas menghilang tanpa jejak. Saat itulah, nelayan itu menyadari bahwa sosok tadi adalah makhluk halus bukan manusia. 

Mitosnya, si manis Jembatan Ancol adalah seorang wanita yang diperkosa lalu dibunuh sekelompok penjahat. Kejadian ini berlangsung lama sebelum Taman Impian Jaya Ancol dibangun. Saat itu wilayah ini dipenuhi oleh rawa-rawa, ilalang dan hutan bakau. Saksi mata lain berhasil mengabadikan sosok wanita ini dalam sebuah lukisan. Berani melihat sosoknya? 

Rumah Kentang Prapanca

Ini dia Rumah Kentang Prapanca. Sumber Hantupedia.com

Satu lagi kisah menyeramkan yang pernah diangkat ke layar lebar, Rumah Kentang Prapanca. Film Rumah Kentang diangkat dari kisah di sebuah rumah mewah di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan. Warga sekitar rumah itu kerap mencium aroma kentang padahal, rumah ini sudah tidak lagi dihuni. Sosok makhluk halus yang terlihat disini adalah anak kecil dengan rupa menyeramkan.

Di masa lalu, anak kecil ini mengalami kecelakaan dengan tidak sengaja jatuh ke kuali yang dipenuhi kentang rebus. Sang ibu yang tertidur tidak menyadari bahwa anaknya tewas mengenaskan di dalam sebuah kuali panas bersama kentang yang sedang dimasak. Sejak itulah, rumah seram itu dijuluki sebagai Rumah Kentang Prapanca. 

Menara Saidah

Menara Saidah, salah satu tempat mistis Jakarta. Sumber kompasiana.com

Tempat mistis berikutnya adalah gedung kosong yang sudah cukup lama terbengkalai, Menara Saidah. Jika kamu melintas di Jalan Letjen MT Haryono, kamu akan melihat gedung setinggi 28 lantai bernuansa klasik yang menjulang tinggi. Namun anehnya, jika kamu perhatikan secara seksama, gedung ini konstruksinya miring.

Dahulu, Menara Saidah berfungsi sebagai gedung perkantoran hingga pada tahun 2007, gedung ini tidak lagi dihuni. Para karyawan yang pernah bekerja disana kerap diganggu sosok kuntilanak yang sering menampakan diri. Sering pula terdengar suara-suara misterius yang kerap mengganggu para pekerja di Menara Saidah ini. Hiii! 

Pertokoan Klender

Pertokoan Klender yang kebakaran saat kerusuhan 1998. Sumber Hipwee

Kerusuhan 1998 meninggalkan luka dan pilu yang mendalam di benak masyarakat. Terdapat beberapa tempat yang terbakar akibat penjarahan dan kerusuhan yang terjadi pada saat itu seperti Pertokoan Klender. Saksi mata saat kerusuhan ini mengatakan bahwa, pertokoan ini dijarah secara beramai-ramai oleh warga dan untuk menghentikannya, pertokoan ini dibakar.

Naasnya, banyak orang yang terbakar hidup-hidup di dalam pertokoan seperti para pegawai department store yang tidak sempat menyelamatkan diri. Pasca kejadian mengenaskan ini, beberapa saksi melihat banyak sosok makhluk astral dengan kondisi menyeramkan seperti terbakar. Suara-suara jeritan meminta tolong juga sering terdengar disini. 

Rumah Pondok Indah

Rumah Pondok Indah yang terkenal mistis. Sumber cerita hantu nyata - Blogger.com

Pernah tahu film Rumah Pondok Indah yang hits di tahun 2006? Film ini diangkat dari urban legend yang memang ada di masyarakat, lho. Konon, warga yang melintas di depan rumah mewah ini kerap diganggu dengan sosok wanita yang berlalu lalang padahal rumah ini sudah lama tidak dihuni. Atau sosok hantu gendoruwo. Hiiii… 

Kisah seram di rumah mewah Pondok Indah berasal dari kisah mengenaskan satu keluarga yang meninggal dunia akibat perampokan. Sejak kejadian itu, orang-orang yang membeli rumah ini kerap dihantui oleh sosok-sosok menyeramkan. Hingga, rumah ini akhirnya dikosongkan karena mitos seram yang beredar dari masyarakat sekitar yang melihat langsung para penghuni tak kasat mata di tempat mistis ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *