7 Minuman Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Sehat Selalu

Sumber foto : Unsplash.com

Di tengah wabah virus COVID-19 atau corona, daya tahan tubuh penting banget nih dijaga agar tidak tertular. Tidak melulu konsumsi obat-obatan generik, daya tahan tubuh dapat dijaga dengan minuman dari bahan alami yang mudah banget ditemukan dan meraciknya di rumah. Yuk jaga kesehatan dirimu dan keluarga dengan mengkonsumsi 7 minuman ini!

Air Jahe

Sumber foto : Unsplash.com

Salah satu bahan herbal seperti jahe cocok untuk menjaga daya tahan tubuh lho! Bahkan, banyak sekali khasiat jahe untuk tubuh. Menurut penelitian tahun 2011, mengoleskan cairan atau gel jahe di bawah lidah dapat mengurangi sakit kepala. Aroma dari jahe dapat membuat kamu lebih tenang dan rileks. Nah, kamu bisa menyeduh jahe yang sudah digeprek dengan air panas atau mencampurkannya dengan teh hangat. Niscaya, setelah kamu minum larutan tersebut, tubuh akan semakin terasa segar. Kamu juga bisa menghirup uap dari larutan tersebut untuk memberi efek tenang. 

Infused Water Strawberry

Sumber foto : We Heart It

Dengan mengkonsumsi infused water secara rutin maka tubuhmu akan lebih kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit. Kamu harus memilih buah yang tepat seperti contohnya strawberry! Ya, manfaat buah strawberry yang satu ini cocok sekali sebagai alternatif menjaga kekebalan tubuh alih-alih mengkonsumsi obat-obatan. Oh iya, buah strawberry pun mengandung antioksidan yang bekerja cepat dan tepat banget untuk menjaga sistem imun tubuh di tengah cuaca yang sedang tak menentu begini. Infused water dari buah strawberry terkenal memiliki rasa yang segar. 

Ramuan Kunyit

Sumber foto : Unsplash.com

Kunyit memiliki kandungan antioksidan, anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur, lengkap deh pokoknya untuk memerangi bakteri dan virus jahat dalam tubuh penyebab demam. Kandungan antibiotiknya pun bagus untuk perangi bakteri. Pertama-tama, potong kunyit menjadi kecil-kecil (kurang lebih dalam ukuran ½ sendok teh). Lalu, siapkan 1 sendok teh lada hitam dan susu. Rebus bersama bahan-bahan tersebut. Dianjurkan minum larutan kunyit ini 2 kali sehari untuk turunkan demam.

Perasan Jeruk dan Kayu Manis

Sumber foto : Unsplash.com

Khasiat kayu manis dan air jeruk untuk menjaga daya tahan tubuh memang tidak perlu diragukan lagi. Air jeruk dan kayu manis tentunya mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk mengembalikan kekebalan tubuh dan mengatasi bakteri serta virus jahat penyebab tubuh kurang vit. Sementara, kayu manis merupakan antibiotik alami. Bumbu yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh ini dapat meredakan batuk pilek yang biasanya disertai demam dengan efektif, lho. Siapkan 1 sendok teh kayu manis. Kemudian, peras jeruk lalu rebus airnya. Campurkan air jeruk rebus dan kayu manis, lalu aduk. 

Lemon dan Madu

Sumber foto : Unsplash.com

Kalau kamu rutin minum campuran air putih hangat, lemon, dan madu di pagi hari saat perut kosong selama 7 hari, kamu akan merasakan manfaatnya, lho! Kandungan lemon dan madu memiliki sifat antibakteri dan antioksidan untuk kesehatan kulit. Bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatkan imunitas, dan mengusir flu. Campuran lemon dan madu berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Minuman ini dapat menjaga organ hati tetap bersih dari racun-racun serta menjaga fungsi hati untuk tetap memproduksi protein dan mempertahankan proses pencernaan. Jadi, kamu bisa menjadikan minuman ini sebagai rutinitasmu di pagi hari ya! 

Air Kelapa Muda

Sumber foto : Unsplash.com

Tahukah kamu kalau air kelapa muda bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh? Salah satunya untuk menurunkan demam, tubuh mengeluarkan banyak cairan. Nah, cara untuk mengembalikan cairan tubuh yang terkuras selama proses penurunan demam adalah dengan konsumsi air kelapa muda. Obat demam alami yang satu ini tepat untuk mencegah dehidrasi. Cara mengolah air kelapa muda ini tidak sulit, cukup campurkan dengan beberapa tetes air jeruk nipis lalu diminum. Jangan lupa diiringi dengan konsumsi air putih yang banyak, ya! 

Perasan Jeruk Nipis

Sumber foto : Unsplash.com

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun dari berbagai ancaman berbagai penyakit, virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Zat di dalam jeruk nipis mengandung molekul seperti lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza, atau penyakit flu. Cocok untuk musim hujan seperti ini agar terhindar dari drop yang tidak diinginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *