7 Khasiat Jahe, Salah Satunya Cegah Radang Tenggorokan

Sumber foto : Unsplash.com

Jahe merupakan salah satu tanaman herba yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam jahe mampu bereaksi positif dalam lambung sehingga kerap mengatasi masalah pencernaan seperti mual sampai radang tenggorokan. Tentu penting banget kan terlebih saat wabah COVID-19 merebak seperti saat ini? Sebagai bentuk preventif, yuk mulai konsumsi olahan jahe. Cocok banget untuk wabah yang ada akhir-akhir ini, bukan? Sebagai bentuk proteksi diri, mari simak 7 manfaat jahe untuk kesehatan ini! 

Mengurangi Mual

Sumber foto : Romper

Jahe bermanfaat untuk mengurangi mual hingga vertigo. Badan yang sedang tidak fit atau kala kamu kelelahan, kurang tidur, atau stres mengakibatkan mual muncul. Selain itu, jahe cocok banget untuk mengatasi morning sickness di awal kehamilan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dan senyawanya dapat meningkatkan daya tanggap pencernaan dan mempercepat pengosongan lambung sehingga jahe bermanfaat untuk mengurangi mual.

Sebagai Detoks dan Bentuk Proteksi Kulit

Sumber foto : Unsplash.com

Jahe memiliki kandungan antioksidan, anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur, lengkap deh pokoknya untuk memerangi bakteri dan virus jahat dalam tubuh penyebab demam. Kandungan antibiotiknya pun bagus untuk perangi bakteri. Pertama-tama, potong kunyit menjadi kecil-kecil (kurang lebih dalam ukuran ½ sendok teh). Lalu, siapkan 1 sendok teh lada hitam dan susu. Rebus bersama bahan-bahan tersebut. Dianjurkan minum larutan kunyit ini 2 kali sehari untuk turunkan demam.

Redakan Pusing Kepala Sebelah (Migrain)

Sumber foto : Unsplash.com

Tahukah kamu bahwa jahe memiliki tingkat efektivitas hingga 90 persen untuk meredakan migrain dalam waktu dua jam? Ya, hal tersebut merupakan fakta yang telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Selain itu, jahe juga tidak menimbulkan efek samping yang berarti seperti pusing, rasa lemah, dan risiko serangan jantung. Beberapa penelitian telah membuktikan hal ini. Mereka mengungkap bahwa jahe dan teh jahe memiliki khasiat yang lebih ampuh untuk meredakan sakit kepala atau migrain dibandingkan dengan obat biasa.

Atasi Nyeri Menstruasi

Sumber foto : We Heart It

Mengkonsumsi jahe merupakan salah satu cara menanggulangi nyeri menstruasi secara herbal. Kamu dapat mengolah jahe menjadi campuran dalam minuman hangat. Ini merupakan salah satu cara tradisional juga, lho untuk menyembuhkan nyeri menstruasi. Meracik minuman jahe ini juga mudah, cukup siapkan 15 – 30 gram daun dewa, 20 gram jahe, dan 600 cc air. Kemudian, rebus secara bersamaan dan disaring. Minum jamu saat hangat-hangat minimal 2 kali sehari. 

Solusi Masalah Pencernaan

Sumber foto : Unsplash.com

Ekstrak minyak yang terdapat dalam jahe mampu melindungi sistem pencernaan kamu dari bakteri, sehingga mencegah kamu dari masalah pencernaan, seperti sakit perut. Oh iya, jahe memiliki kandungan antibakteri juga lho sehingga dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteritidis, dan  Staphylococcus Aureus yang kerap menjadi penyebab sakit perut serta penyakit pencernaan lainnya! 

Atasi Radang Tenggorokan

Sumber foto : We Heart It

Untuk mendapat hasil yang optimal, kamu dapat menambahkan madu untuk campuran jahe. Kulit tipis dan akar berserat jahe merupakan bahan anti-inflamasi dan kandungan antibakteri yang dapat mengurangi rasa sakit sekaligus memberantas bakteri membandel. Sedangkan madu adalah antibiotik alami. Oleh karena itu, minum teh penyembuhan dari semua bahan ini baik untuk mencegah dan meredakan flu dan pilek. Setelah selesai, tuangkan air jahe ke dalam gelas dan tambahkan jus lemon dan madu ke dalamnya. Saring sekali dan tambahkan daun mint ke gelas.

Turunkan Berat Badan

Sumber foto : Unsplash.com

Jahe berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Jadi, manfaat jahe adalah dapat mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih. Kamu dapat mengkombinasikan jahe dengan asam jawa. Kamu ingin merasakan manfaat jahe untuk menurunkan berat badan? Konsumsi jahe yang diolah menjadi jamu (campur dengan asam jawa, ya) secara rutin. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *