10 Cemilan Rendah Kalori untuk Temani Work From Home

Sumber foto : Unsplash.com

Sedang work from home? Memang, berdiam diri di rumah untuk sementara waktu seperti ini rasanya kadang membosankan. Tapi, hal ini perlu dilakukan guna meminimalisir penyebaran virus COVID-19 (corona). Waktu-waktu seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk membaca buku, menonton series dan film kesukaan atau mengerjakan tugas sekolah, kampus bahkan kantor di rumah sambil ngemil. Tidak usah khawatir berat badan naik karena kurang beraktivitas, tempat.com punya solusi ngemil tanpa takut timbangan naik alias cemilan rendah kalori! Penasaran apa saja? Go, check this out!

Apel dan Selai Kacang

Sumber foto : We Heart It

Cemilan rendah kalori satu ini lezat banget, perpaduan rasa manis dari apel dan creamy serta gurihnya selai kacang. Tahukah kamu bahwa apel berukuran sedang hanya memiliki 95 kalori. Wah, dijamin tidak usah takut timbangan naik deh kalau mencoba cemilan satu ini! Cara penyajiannya mudah saja, kamu cukup memotong apel menjadi ukuran sedang atau kecil-kecil. Siapkan selai kacang dari brand favorit dan voila! Cocok dinikmati sambil bekerja di rumah atau marathon series kesukaan. 

Edamame

Sumber foto : Unsplash.com

Ingin ngemil tapi takut malah menambah berat badan? Kamu bisa nih mengganti kacang menjadi edamame untuk cemilanmu. Edamame merupakan camilan tradisional dari Jepang yang mengandung kemak sehat, karbohidrat, serat, karbohidrat, folat, vitamin A, B, C, E, dan K. Selain itu terdapat mineral, termasuk zat besi, mangan, kalsium, zinc, magnesium dan kalium. Penelitian menyatakan bahwa mereka yang rajin mengkonsumsi edamame, akan memiliki berat badan yang ideal karena kandungan  yang kaya serat, protein, dan antioksidan. Nah, kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara dikukus atau dicampurkan dengan sup. 

Yogurt

Sumber foto : Unsplash.com

Kalau kamu sedang ingin ngemil yang manis-manis tapi rendah kalori, yogurt bisa menjadi solusinya. Pastikan yogurt yang kamu konsumsi jenis plain, ya! Nah, kamu bisa mencampurkannya dengan buah-buahan favoritmu, seperti stroberi, blueberry, mangga, nanas, dan lainnya. Yogurt menjadi sumber protein, kalsium, dan kalium yang baik. Gabungan antara yogurt dan buah-buahan dapat melancarkan pencernaan, lho! Menu tersebut bisa menjadi pilihan untuk menggantikan energi setelah kamu berolahraga. Tidak hanya itu, yogurt memicu produksi hormon antilapar karena  kandungan probiotik, protein, dan kalsiumnya. Jadi, kamu tidak akan merasa cepat lapar setelah mengkonsumsi campuran yogurt dan buah sebagai camilan.

Buah-Buahan

Sumber foto : Unsplash.com

Buah-buahan juga menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, buah-buahan memiliki banyak serat, vitamin, dan mineral yang berbeda dari sayuran. Beberapa buah dengan sumber karbohidrat yang tinggi, antara lain pisang, apel, mangga, jeruk, blueberry, kurma, kismis, dan goji berry. Buah-buahan seperti pisang, apel, dan mangga mengandung lebih dari 25g karbohidrat di setiap buahnya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan tersebut setelah olahraga untuk menambah asupan karbohidrat kompleks. 

Roti Gandum

Sumber foto : Unsplash.com

Ini dia salah satu cemilan rendah kalori yang perlu kamu tahu, gandum. Asupan satu ini kaya akan karbohidrat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung serta bermanfaat untuk pencernaan, Selain itu, gandum utuh bisa mencegah tubuh untuk menyerap kolesterol jahat. Tidak hanya itu, kalori dalam roti gandum juga sedikit lho jika dibanding roti tawar biasa. Untuk mengkonsumsi olahan gandum, kamu bisa mendapatkannya dari roti gandum, pasta gandum, dan beras merah.

Oatmeal

Sumber foto : Unsplash.com

Oatmeal memiliki 50 nutrisi, di antaranya vitamin, mineral, dan serat beta glukan yang memiliki segudang manfaat. Beta glukan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung, dan kadar gula darah dalam tubuh. Kamu bisa menemukan olahan rolled oat di muesli, granola, serta dapat dikreasikan menjadi menu diet lainnya. Kandungan karbohidrat dan kalori dalam oat lebih sedikit dari nasi putih. Tentu saja oat lebih baik dari nasi putih karena kandungan seratnya yang tinggi, dan kadar gulanya yang lebih rendah. 

Kale Chips

Sumber foto : Unsplash.com

Kalau sedang ngemil yang gurih-gurih, kamu harus banget nih mencoba kale chips! Selain mudah untuk membuatnya sendiri di rumah, kale mengandung hamper segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B6,B9, K, kolin, besi, magnesium, dan fosfor. Kale disebut sebagai superfood karena kandungan gizi dan vitamin yang melebihi sayuran manapun. Agar lebih enak untuk dijadikan cemilan, kamu bisa memanggang kale dengan minyak zaitun, garam, dan juga lada. Nah, jadi kamu bisa menikmati cemilan gurih, renyah, dan sehat untuk menemani waktu work from home ya!

Sweet Potato

Sumber foto : Unsplash.com

Sweet potato alias ubi jalar memiliki unggulan berupa vitamin A, mineral, dan juga fitonutrien. Kandungan gula alami membuatnya terasa manis dan cocok sebagai sumber karbohidrat. Ubi jalar mengandung banyak serat, sehingga dapat mengurangi kadar hormon lapar dan meningkatkan produksi hormon yang membuat kamu merasa kenyang. Kandungan serat pada sweet potato juga membantu memperlambat pencernaan, meningkatkan kontrol gula darah, dan membuat kita mengunyah makanan lebih lama dan lebih lambat, yang pada akhirnya membuat kita kenyang lebih lama. Kamu bisa merebus atau memanggang ubi dan hindari menggoreng ubi agar nutrisinya tidak hilang. Nah, ubi bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengonsumsi cemilan rendah kalori.

Granola

Sumber foto : Unsplash.com

Granola bisa menjadi pilihan sebagai snack sehat dan rendah kalori. Kamu bisa mengkonsumsi granola dengan yogurt, madu, dan buah-buahan untuk menambah nutrisinya. Nah, sekarang banyak varian granola yang menyediakan kemasan yang praktis untuk dibawa ke mana-mana, seperti granola bites dan granola bar. Granola bermanfaat untuk pencernaan karena setiap 100 gramnya mengandung 30% dari kecukupan serat yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, granola mengandung vitamin E, vitamin K, vitamin C, vitamin B kompleks, natrium, kalsium, magnesium, dan zat besi. Jadi kamu tetap bisa mengonsumsi cemilan yang enak dan tentunya sehat.

Smoothies Bowl

Sumber foto : We Heart It

Smoothies bisa menjadi opsi saat kamu sedang ingin minum sesuatu yang segar tapi harus tetap sehat. Smoothie merupakan cara terbaik untuk menambahkan buah banyak sayuran, buah-buahan, dan sumber protein sehat ke dalam makanan kamu. Untuk smoothie berkalori rendah, gunakan sayuran hijau, buah beri, dan bubuk protein dan sebaiknya jangan gunakan bahan berkalori tinggi seperti mentega, kacang, dan kelapa. Smoothies bisa menjadi opsi untuk sarapan kamu lho! Selain itu, smoothies dapat melancarkan pencernaan karena kandungan serat di dalamnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *